Advertisement 728 x 90 Here...
www.komud.com
Ikuti kami:

Sabtu, 16 Juli 2011

TIPS MEMILIH JURUSAN


TIPS MEMILIH
JURUSAN
Seperti halnya memilih kampus, memilih jurusan juga harus diperhitungkan dengan penuh perhitungan.
Memilih jurusan yang tepat akan membuat masa depan kamu terbuka dengan lebar. Jangan hanya karena ajakan teman atau banyak diminati kamu memilih sebuah jurusan yang tidak kamu sukai atau kuasai. Berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat memilih jurusan.

1 
Sesuaikan cita-cita, minat, dan bakat

2 
Jenjang pendidikan

3
Prospek setelah lulus
Kamu tentunya sudah punya bayangan lapangan pekerjaan seperti apa yang akan kamu jalani di masa depan. Nah, jurusan yang kamu pilih sebaiknya disesuaikan dengan cita-cita kamu tersebut. Tapi, jangan lupa untuk menyesuaikan dengan minat dan bakat yang kamu miliki.

Kalau memang ternyata kamu tidak memiliki bakat dan kemampuan di bidang yang kamu inginkan, lebih baik jangan memaksakan diri.

Ada berbagai macam jenjang pendidikan yang ditawarkan oleh perguruan tinggi. Kamu mungkin pernah mendengar jenjang strata dan diploma. Tapi apa kamu tahu perbedaannya?

Perbedaan strata dengan diploma tidak hanya pada lamanya mas perkuliahan, tetapi juga pengkhususan. Strata lebih menekankan pada penguasaan ilmu, sedangkan diploma lebih menekankan keahlian pada bidang tertentu.

saat memilih jurusan, kamu juga harus mempertimbangkan peluang profesi yang akan dijalani setelah lulus nanti. Beberapa jurusan memang selalu menjadi favorit dari tahun ke tahun, tapi kamu harus sadari kalau jurusan favorit akan lebih banyak jumlah lulusannya. Jurusan yang non favorit memang kurang diminati dan persaingan dalm mencari kerja akan lebih sedikit. Namun, kamu juga harus berpikir apakah jurusan tersebut menjanjikan masa depan yang lebih mudah. Cobalah memprediksi prospek jurusan yang lulusannya akan banyak dicari.

[Sumber: simPATI zone Edisi Mei - Juli 2008]

2 komentar:

  1. hai visited my blog... join, comment, and click +1 button google =) thx a lot =)
    aku udah join di blog mu join balik yah =)

    BalasHapus
  2. bagaimana jika saya ingin memilih kedokteran dan tehnik kimia. seperti yang kita ketahui, setelah lulus nanti,lapangan kerja untuk lulusan tersebut akan banyak. kemanakan saya harus memilih? terima kasih

    BalasHapus

Advertisement 468 x 60 Here...
www.komud.com